Teknik Sipil UMMI Gelar General Education Edukasi Mitigasi Bencana

Example blog post alt

By Admin | 09 Aug 2021

Sukabumi, tekniksipil.ummi.ac.id – Program Studi Teknik Sipil yang bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil menggelar General Education dengan mengusung ”Edukasi Mitigasi Bencana” dengan Pemateri Hilman Fathoni,S.IP., Analis Mitigasi Bencana (JFU) Bidang Pencegahan & Kesiapsiagaan Kab. Sukabumi. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Meeting Zoom dari pukul 10.00 sampai 11.22 WIB, Jum’at (6/8/21)

Pemateri menyampaikan mengenai bencana hingga peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. Adapun siklus manajemen bencana meliputi pencegahan dan mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat dan pemulihan. Mitigasi sendiri adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana (Pasal 1 ayat 6 PP No 21 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana).

Selain itu  kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi situasi darurat yaitu dengan Memberikan informasi kejadian bencana ke BPBD atau Instansi terkait, Melakukan evakuasi mandiri, Melakukan kaji cepat dampak bencana, dan Berpartisipasi dalam respon tanggap darurat sesuai bidang keahliannya.

Berikutnya General Education di lanjutkan dengan sesi Tanya-jawab kemudian berakhir ke bagian penutup yang di isi dengan sesi Foto Bersama dengan peserta seminar.

Komentar

Ingin Jadi Mahasiswa Teknik Sipil UMMI?